Senin, 10 Desember 2012

UTS Phi FH semester 1



1.       Pertanyaan        : Selain Norma Hukum, terdapat pula norma-norma lainnya. Jelaskan mengapa Norma  Hukum masih tetap diperlukan meskipun telah ada norma-norma lain !
Jawab                   : Norma Hukum adalah Norma yang mengatur kehidupan sosial masyarakat yang berasal dari kitab undang-undang Hukum yang berlaku di Negara tertentu dengan tujuan untuk menciptakaan kondisi negar yang aman serta memilikk sifat memaksa. Jadi Norma Hukum teetap diperlukan meskipun ada norma-norma lainnya karena norma Hukum itu berlaku Universal di suatu Negara dan memilik sifat memaksa, tidak seperti nrma-norma lain yang hanya berlakku di suatu daerah serta tidk memiliki ketegasan.
2.       Pertanyaan          : Seseorang menggunakan hak tidak sesuai dengan tujuan untuk apa hak itu diberikan, hingga menimbulkan kerugian pada pihak lain, maka orang tersebut telah melakukan penyalahgunaan hak(Misbruk van Recht). Contoh kasus Arrest Cerobong Asap Palsu. Berkaitan dengan hal tersebut, jelaskan pendapat Saudara dan buat contoh kasus !
Jawab                     : Pelanggaran hak akan terjaadi saat seseorang atau 2 individu yang menggunakan hak mereka namun saling bertentangan dan mengganggu satu sama lain.
Contoh kasus ; Seorang pengamen waria yang suka mangkal di perempatan, mereka memiliki hak untuk mencari uang dengan cara menjadi pengamen waria tetapi secara tidak langsung mereka telah mengganggu atau melanggar hak seseorang pengguna jalan raya yang memiliki hak untuk merasa nyaman dalam berkendaraan, sehingga terjadi pelanggaan hak.

3.       Pertanyaan          : Pencuri motor berkuasa atas motor curian itu, tetapi dia tidak berhak atas hak kepemilikan motor tersebut. Jelaskan konsekuensi pernyataan tersebut !
Jawab                     : Pencuri motor berkuasa atas motor curian itu, tetapi dia tidak berhak atas hak kepemilikan motor tersebut, adalah sebuah pernyataan yang di ungkapkan Van Apoldorn yang membuktikan bahwa hukum adalah kekuasaan tetapi kekuasaan bukan hukum  artinya tidak berarti kalau hukum dan kekuasaan adalah dua hal yang memiliki tujuan untuk hal satu yang sama.

4.       Pertanyaan          : Kepastian Hukum adalah suatu pegangan pasti bagi setiap orang, dengan adanya rumusan yang tegas dalam suatu ketentuan tertulis didasarkan pada kaidah dan ajaran-ajaran Hukum Normatif untuk melaksanakan ketertiban dalam masyarakat. Buat analisis terhadap pernyataan di atas. !
Jawab                     : Hukum  Normatif adalah hukum atau ajaran yang di pegang oleh masyarakat dengan tujuan untuk melakasanakan ketertiban dalam masyarakat dalam arti lain jika kita ingin menciptakan suatu ketertiban maka kita harus paham atau tau tentang Hukum Normatif atau keadaan tersebut biasa disebut kepastian Hukum.

5.       Pertanyaan                : Jelaskan :
a.       Sumber Hukum Formil dan Sumber Hukum Materil
b.      Keadilan
c.       Hukum dan Perilaku
        Jawab                           :
a. Sumber Hukum dalam arti Formal, yaitu bentuk atau kenyataan dimana kita dapat menemukan hukum yang berlaku. Jadi karena bentuknya itulah yang menyebabkan hukum berlaku umum diketahui dan ditaati. Adapun yang termasuk Hukum dalam arti formal adalah :
1)      Undang-undang
2)      Kebiasaan atau hukum tak tertulis
3)      Yurisprudensi
4)      Traktat
5)      Doktrin.
Sedangkan Sumber Hukum Materil yaitu, suatu keyakinan atau perasaan hukum individu dan umum yang menentukan isi  hukum atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan hukum.
b. Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengeni sesuatu hal, baik  menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang di anggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “ Keadilan adalah kelebihan (virtue)pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada system pemikiran”.
c. Hukum yang muncul di saat itu yang berupa perilaku-perilaku yang baik dan buruk disaat itu bias diperlihatkan dengan kehidupan sehari-hari yang dimana setiap perilaku kehidupan nini sangatlah penting sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar